Mahasiswa Cupid: Kuliah Sambil Berbisnis

Kuliah Sambil Berbisnis


Sejumlah kegiatan perkuliahan memang menyita waktu, tenaga dan pikiran. Mungkin kamu berpikir jangankan memulai usaha, terkadang meluangkan waktu bersama keluarga saja sulit. 
Tetapi kadang, ide usaha datang begitu saja tanpa mengenal usia, waktu, dan kondisi ekonomi seseorang. Nah, bagaimana jika tiba-tiba saja pikiranmu dihantui ide untuk membuka usaha hingga kamu kesulitan untuk berkonsterasi dengan perkuliahan?

Adalah hal yang wajar jika kamu mengalami ganggauan saat kuliah. Namun satu hal yang pasti, jangan kubur idemu.

Pendiri Indonesia Techopreneur Community (ITC), Nico Budianto mengatakan, bisnis yang dimulai sejak kuliah akan memberikan dampak yang baik untuk mahasiswa.

"Justru bagus jika sudah punya inisiatif untuk berbisnis sejak kuliah. Hal itu akan merangsang pikirannya dan merekomendasikan opsi yang akan ia pilih jika lulus kelak," 

Nico menyarankan, mahasiswa yang sudah memiliki ide bisnis untuk menindaklanjuti ide tersebut. Dia menyayangkan jika ide yang datang menjadi sesuatu yang tidak berguna.

"Yang penting adalah menindaklanjuti ide dengan memverifikasi apakah ide tersebut bisa mendapat pasar? Jika bisa, segera konversikan ide ke konsep bisnis berikut kalkulasinya," kata Nico menyarankan.

Jika sudah dalam bentuk konsep bisnis, dia menambahkan, agar langsung mengaplikasikan konsep bisnis tersebut menjadi kenyataan. "Jadi jangan hanya konsep saja, segera bertindak. Kalau ditunda-tunda, nanti ide tersebut bisa diambil orang," tuturnya.

Namun, jika waktu belum memungkinkan untuk mewujudkan ide tersebut, Nico mengimbuhkan, agar mahasiswa membagi ide tersebut dengan orang yang sudah memiliki bisnis. "Ajak kerja sama pebisnis yang sudah lebih berpengalaman, atau ceritakan saja tentang konsep bisnis yang kita miliki kepada mereka. Siapa tahu bisa berkonsinyasi," katanya.

Jadi, tidak ada salahnya jika kamu punya ide bisnis saat kuliah. Beranikan dirimu dan bertindak sesuai kalkulasi konsep bisnismu. Sukses untuk bisnismu ya!

Artikel Terkait:

0 comments:

Posting Komentar