Mahasiswa Cupid: Mahasiswa ITB Garap Pembangkit Listrik Cihurip

Mahasiswa ITB Garap Pembangkit Listrik Cihurip



Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil mendirikan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) di Cihurip, Garut. Hasil kerja sama mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan warga setempat, kini penerangan jalan dusun tersebut tidak lagi dirudung gulita.

Sebelum sukses membangun PLTMH bersama dengan para warga, mahasiswa peserta KKN memulai proyek tersebut dengan seumlah tahap. Salah seorang peserta KKN, Laurentius Radit Nindito mengatakan, pembangunan PLTMH mereka mulai dari perencanaan dan optimalisasi desain PLMTH.

“Setelah perancangan selesai, bersama warga kami mulai membangun rumah generator dan pemasangan tiang-tiang listrik pada minggu terakhir kegiatan KKN,” kata Radit, seperti yang dikutip dari situs ITB, Selasa (26/7/2011).

Walaupun tiang-tiang penyangga terbuat dari bambu, lanjut Radit, tetapi cukup untuk menerangi jalan di dusun tersebut.

Pembangunan PLTMH ini  merupakan penyempurnaan dari proyek Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) ITB yang telah dikerjakan Desember lalu. “Kemudian pembangunan PLMTH disempurnakan oleh mahasiswa KKN, warga dan delapan dosen pembimbing,” lanjut Radit.

Ide awal dari pembangunan ini, menurut Radit, muncul ketika melihat potensi alam desa Cihurip yakni berupa sungai yang ketika diukur, ternyata berpotensi menjadi penghasil listrik.

Atas pembangunan PLMTH tersebut, warga desa mengaku sangat terbantu. Kepala desa (Kades) Cihurip Asep Gozali mengatakan, kegiatan KKN dan pembangunan PLMTH banyak memberi manfaat kepada masyarakat.

“Rasanya seperti mimpi. Biasanya kalau keluar rumah di malam hari sangat gelap. Sekarang sudah terang, untuk iut kami ucapkan beribu terima kasih,” kata Asep penuh syukur.

Dengan terpasangnya lampu penerangan jalan, PLTMH tersebut berhasil bekerja dengan baik. Rektor ITB Akhmaloka pun langsung datang ke Cihurip untuk meresmikan PLTMH karya mahasiswanya tersebut pada Minggu 24 Juli.

Artikel Terkait:

0 comments:

Posting Komentar