Mahasiswa Cupid: Aksi Anarkistis, Universitas Negeri Makassar Rugi Ratusan Juta Rupiah

Aksi Anarkistis, Universitas Negeri Makassar Rugi Ratusan Juta Rupiah

Perusakan dan pembakaran empat laboratorium di Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (UNM), Rabu (9/3), menyebabkan kampus itu mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah.

Dekan Fakultas Teknik UNM Prof Dr Husain Syam saat ditemui di Makassar, menyayangkan adanya perusakan ruangan dan beberapa prasarana belajar mengajar kampus yang nilai kerugiannya tidak sedikit.

"Komputer, kaca laboratorium dan beberapa sarana lainnya kami perkirakan kerugian berkisar Rp200 juta - Rp300 juta. Bisa saja angka itu melebihi perkiraan kami," ucapnya.

Dia merinci, sejumlah ruangan yang mengalami kerusakan diantaranya laboratorium PKK Fakultas teknik UNM dan lab uji bahan jurusan teknik sipil dan perencanaan di kampus itu juga menjadi sasaran amukan mahasiswa.

Selain itu, kerusakan juga menimpa rumah latihan jurusan pendidikan kesejahteraan keluarga FT-UNM dan studio multimedia lengkap dengan akses internetnya.  "Pembakaran kursi dan meja. dan dua motor yakni motor Yamaha dan vega tidak luput dari amukan massa itu," kata dia.

Pemicu pembakaran dua motor itu diduga berasal dari Fakultas Bahasa UNM dan kemudian lari ke Fakultas Teknik yang merembes ke beberapa ruangan laboratorium di kampus tersebut.

"Dua motor itu yang terbakar dari tadi pagi saya lihat masih terbakar. Mahasiswa banyak yang menyoroti kinerja pengamanan kampus, kenapa bisa kecolongan," keluhnya.

Dia menegaskan, jika pelaku adalah mahasiswa FT UNM yang ditemukan melakukan perusakan, maka sanksi keras yang bisa saja  berujung pada pemecatan.

"Inilah yang harus kita lakukan dan harapan kami dari pelaku perusakan harus diberi sanksi. Ini penting untuk memberi efek jera kepada mereka," ucapnya

Artikel Terkait:

0 comments:

Posting Komentar