Mahasiswa Cupid: Indonesia Borong 5 Medali IPhO

Indonesia Borong 5 Medali IPhO


Olimpiade Fisika Internasional (International Physics Olympiad/IPhO) telah berlangsung di Bangkok, 10-18 Juli lalu. Pada kompetisi tingkat internasional tersebut, kelima peserta dari Indonesia berhasil pulang dengan membawa satu medali emas, satu perak, dan tiga perunggu.  

Lima pelajar SMA tersebut bersaing secara individual dengan 393 peserta lainnya yang berasal dari 84 negara. Mereka menjalani tes teori selama lima jam pada 12 Juli dan tes praktikum pada 14 Juli dengan durasi yang sama..

Para pelajar yang menorehkan prestasi tersebut, yakni Erwin Wibowo dari SMAK BPK Penabur Gading Serpong, Banten yang berhasil meraih medali emas dan Kevin Ardian Fauzie pelajar SMA Santa Maria Pekanbaru yang berhasil mengantongi medali perak, Riau. Sementara tiga medali perunggu diraih oleh, Farhan Nur Kholid dan Luqman Fathurrohim, pelajar SMAN Sragen Bilingual Boarding School, Jawa Tengah serta Imam Agung Raharja dari SMA Pribadi Depok.

Para putra bangsa terbaik ini, dipilih melalui program tahunan Olimpiade Sains Nasional (OSN) besutan Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas). Seleksi dan pembinaan telah mereka jalani sejak dari tingkat sekolah. Berlanjut tingkat kabupaten/kotamadya, ke tingkat provinsi hingga tingkat nasional. Mereka pun terpilih dari 30 peserta lain yang menerima medali pada ajang OSN.

Artikel Terkait:

0 comments:

Posting Komentar