Mahasiswa Cupid: Beasiswa S-2 dan S-3 bagi PNS

Beasiswa S-2 dan S-3 bagi PNS


Dua lembaga asing, yakni Japan International Cooperation Agency (JICA) dan World Bank (WB), tawarkan beasiswa S-2 atau S-3 bagi pegawai di 12 unit Eselon I Kementerian Lembaga.

Dalam pengumuman di situs resmi Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sebagaimana di kutip di Jakarta (14/7/2011) dikatakan beasiswa tersebut akan dikelola oleh Pusdiklat Pengembangan SDM (PSDM) Kemenkeu.

Seleksi tertulis, telah dan akan dilakukan kembali pada tanggal 12-13 Juli lalu serta 14-15 Juli. Seleksi tertulis meliputi tes potensi akademik (TPA), TOEFL, dan psikotes. "Setelah lulus seleksi tertulis, calon peserta beasiswa akan masuk ke tes wawancara," jelas pengumuman tersebut.

Adapun program yang dilakukan oleh JICA, adalah dua pilihan program, yakni Linkage (satu tahun di Indonesia dan satu tahun di Jepang) serta program regular.

Sementara, program World Bank adalah beasiswa SPIRIT, di mana para peserta dapat memilih negara tujuan, jurusan, dan universitas yang ingin dituju, yang disesuaikan dengan kebutuhan dari unit Eselon I masing-masing.

Selain universitas luar negeri, para peserta juga diperkenankan untuk memilih universitas dalam negeri, seperti Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Padjajaran (Unpad), di mana jurusan yang dipilih harus memiliki akreditasi B.

Untuk para peserta yang lulus seleksi beasiswa pascasarjana, khususnya luar negeri, Pre-Departure Training akan diselenggarakan oleh Pusdiklat PSDM. "Pada Pre-Departure Training, peserta akan dibekali kemampuan bahasa asing, pengetahuan tentang budaya negara tujuan, serta academic bridging," jelas pengumuman tersebut.

Adapun ke-12 Kementerian Lembaga tersebut adalah Kementerian Keuangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Artikel Terkait:

0 comments:

Posting Komentar