Mahasiswa Cupid: Pertukaran Mahasiswa Ke Negara Thailand

Pertukaran Mahasiswa Ke Negara Thailand


Tiga mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar bertolak dari Bandara Ngurah Rai, Bali menuju Bangkok, Thailand, Minggu (31/7/2011), untuk belajar bahasa, seni dan budaya di Thamasat University Thailand selama satu semester. Ketiga mahasiswa itu adalah Sri Widyaningsih (Fakultas Seni Pertunjukan) serta  AAN Gde Dhamata dan  A.Ilutfiatun (Fakultas Seni Rupa dan Desain).

Humas ISI Denpasar,  Dewi Yulianti  mengatakan, lima mahasiswa ISI Denpasar dinyatakan lolos seleksi mengikuti program pertukaran belajar mahasiswa ke universitas di Thailand dan Malaysia dalam program kerjasama pemerintah  Malaysia-Indonesia -Thailand (MIT) 2011. Dua mahasiswa lainnya yang sudah dinyatalan lolos ke Malaysia terdiri atas Aryo Agung dan I Gede Suwidnya kini sedang dalam persiapan keberangkatannya.

"Ketiga mahasiswa yang berangkat ke Thailand tersebut, sebelumnya sudah sempat pamitan kepada Rektor ISI Denpasar, Prof Dr I Wayan Rai S. MA," kata Dewi.

Lolosnya lima orang mahasiswa dalam program pertukaran ini merupakan peningkatan. Tahun lalu, ISI Denpasar hanya meloloskan empat mahasiswanya. Lewat program pertukaran mahasiswa diharapkan juga terjadi pertukaran budaya untuk menghasilkan  pemikiran-pemikiran baru yang inovatif.

Program "Student Mobility Credit Transfer" merupakan program kerjasama pendidikan cetusan SEAMEO-RIHED yang dilaksanakan tiga negara di Asia Tenggara yang meliputi Malaysia, Indonesia, dan Thailand. Program tersebut dilaksanakan sejak  2010 melibatkan perguruan tinggi di ketiga negara tersebut, bertujuan meningkatkan mutu dan kualitas peserta didik melalui program pengiriman peserta didik ke perguruan tinggi di tiga negara tersebut.

Program pertukaran mahasiswa tersebut di Indonesia dilaksanakan Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional dengan melibatkan sebelas perguruan tinggi di Indonesia, salah satunya ISI Denpasar.

Artikel Terkait:

0 comments:

Posting Komentar